March 5, 2024

Indy Ten Point

Indy Ten Point

Biaya Renovasi Rumah 2023

2 min read

Menggunakan jasa renovasi rumah menjadi pilihan terbaik banyak orang yang ingin membangun rumah impian mereka. Apalagi dengan jasa ini, masyarakat dapat memilih berbagai jenis desain yang diinginkan untuk memberikan tampilan baru pada hunian dengan pengerjaan yang berkualitas.

Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Penghitungan biaya renovasi rumah menjadi aspek penting yang tidak boleh dilewatkan terutama oleh klien atau pemilik proyek tersebut. Mengapa? Karena ini berdampak pada kelancaran proses renovasi. Jika terhambat di budget, maka keterlambatan penyelesaian pun bisa terjadi. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhitungkan!

  1. Tenaga Kerja

Estimasi biaya yang harus Anda persiapkan yakni berkaitan dengan tenaga kerja yang ingin dipekerjakan selama proses perenovasian berlangsung. Perlu diingat jika semakin banyak pekerja, maka proses dapat berlangsung dengan lebih cepat. Jadi, pemilik dapat menempati hunian tanpa perlu menunggu lama.

Sebelum menyetujui skema pembayarannya, Anda harus menentukan terlebih dahulu ingin melakukan pembayaran perhari, borongan jasa, atau penuh. Jika perhari, rata-rata biayanya mulai dari Rp125.000 – Rp150.000. Ini tentunya belum termasuk biaya material. Dalam hal ini, perlu berkonsultasi dengan ahli.

  1. Tanah dan Bangunan

Dalam hal ini, Anda ingin memfokuskan pembangunan pada jasa renovasi rumah. Biasanya, saat ingin merenovasi, seseorang akan memerlukan yang namanya penambahan luas tanah, sehingga perlu membeli tambahan tanah untuk itu. Dengan begitu, proses perenovasian bisa berjalan sesuai keinginan.

Perlu diketahui, meskipun begitu Anda tidak perlu membeli tanah terlalu luas. Misalnya, jika ingin membeli tanah dan memperbesar rumah dengan ukuran 25 m persegi. Harga tanahnya Rp550.000/m2. Maka perlu mengalikan luas tanah itu dengan harga per m2nya, yaitu 25 x 550.000 = Rp13.750.000.

  1. Biaya Lain-Lain

Selanjutnya, berkaitan dengan biaya lain-lain yang juga harus Anda persiapkan. Ini termasuk ke dalam biaya cadangan apabila ada kekurangan selama proses pembangunan berlangsung. Hal ini juga bertujuan untuk mem back-up jika terjadi kenaikan harga material sewaktu-waktu.

Itu tadi informasi berkaitan dengan perhitungan biaya renovasi rumah. Penghitungan ini harus dilakukan secara detail agar nantinya tidak terhambat selama proses pembangunannya. Jika tidak memiliki pengalaman dalam hal ini, bisa menggunakan jasa renovasi atau kontraktor yang sudah ahli.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *