June 20, 2024

Indy Ten Point

Indy Ten Point

PAFI Kota Batu: Menguatkan Peran Apoteker dalam Pelayanan Kesehatan

2 min read

Perhimpunan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Batu merupakan organisasi profesional yang menaungi para ahli farmasi di wilayah Kota Batu, Jawa Timur. Sebagai salah satu cabang dari PAFI pusat, PAFI Kota Batu berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para apoteker, serta berperan aktif dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

 

Sejarah dan Visi Misi

 

PAFI Kota Batu didirikan dengan tujuan untuk memperkuat peran dan fungsi apoteker dalam sistem kesehatan. Organisasi ini memiliki visi untuk menjadikan apoteker sebagai tenaga kesehatan yang unggul dan berdaya saing di era global. Untuk mencapai visi tersebut, PAFI Kota Batu memiliki beberapa misi utama, antara lain:

  1. Meningkatkan Kompetensi Apoteker: Melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan berkelanjutan, PAFI Kota Batu berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggotanya.
  2. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota: PAFI Kota Batu juga berfokus pada peningkatan kesejahteraan anggotanya dengan menjalin kemitraan strategis dengan berbagai pihak.
  3. Memberikan Kontribusi pada Kesehatan Masyarakat: PAFI Kota Batu berperan aktif dalam program-program kesehatan masyarakat, seperti kampanye penggunaan obat yang rasional dan penyuluhan kesehatan.

 

Program dan Kegiatan

 

PAFI Kota Batu rutin mengadakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi anggotanya dan masyarakat luas, di antaranya:

  1. Seminar dan Workshop: PAFI Kota Batu menyelenggarakan berbagai seminar dan workshop yang membahas topik-topik terkini dalam dunia farmasi, seperti pengelolaan apotek, perkembangan obat terbaru, dan strategi pelayanan farmasi yang efektif.
  2. Pengabdian Masyarakat: Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, PAFI Kota Batu sering mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, seperti penyuluhan kesehatan di sekolah-sekolah, panti asuhan, dan komunitas lainnya.
  3. Kerjasama dengan Institusi Pendidikan: PAFI Kota Batu menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan untuk mendukung pengembangan kurikulum farmasi dan memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa farmasi.

 

Tantangan dan Harapan

 

Seperti halnya organisasi lainnya, PAFI Kota Batu juga menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan misinya. Salah satu tantangan terbesar adalah menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan regulasi yang terus berubah di bidang farmasi. Untuk itu, PAFI Kota Batu terus mendorong anggotanya untuk selalu update dengan perkembangan terbaru dan siap beradaptasi dengan perubahan.

 

PAFI Kota Batu juga berharap dapat lebih meningkatkan kolaborasi dengan pemerintah daerah dan instansi kesehatan lainnya untuk memperkuat sistem pelayanan kesehatan di Kota Batu. Melalui kerjasama yang baik, PAFI Kota Batu yakin dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

 

PAFI Kota Batu adalah wadah penting bagi para apoteker di Kota Batu untuk mengembangkan diri dan berkontribusi bagi masyarakat. Dengan berbagai program dan kegiatan yang berfokus pada peningkatan kompetensi, kesejahteraan anggota, dan kesehatan masyarakat, PAFI Kota Batu terus berupaya mewujudkan visinya sebagai organisasi profesional yang unggul dan berdaya saing. Melalui dedikasi dan kerjasama yang baik, PAFI Kota Batu diharapkan dapat terus berperan aktif dalam mendukung sistem kesehatan yang berkualitas dan berkelanjutan di Kota Batu.

 

Sumber : https://pafikotabatu.org/

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *