November 30, 2022

Indy Ten Point

Indy Ten Point

Memahami apa itu  Word of mouth

2 min read

Word of mouth adalah salah satu strategi marketing yang paling populer dan sangat legendaris. Strategi marketing yang satu ini adalah proses pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Proses pemasaran yang satu ini bisa membantu brand untuk menyebarkan informasi mengenai produk tersebut dan melakukan word of mouth marketing.

Apa yang harus dipahami dari word of mouth?

Strategi pemasaran yang satu ini dilakukan dengan cara merekomendasikan suatu produk kepada orang-orang yang terdapat di kelompoknya. Word of mouth marketing adalah strategi pemasaran ketika minat konsumen pada suatu produk tercermin dalam dialog sehari-harinya.

Bentuk Strategi

Saat seorang konsumen sangat menyukai suatu produk tertentu, mereka akan selalu membicarakan tentang produk tersebut setiap hari. Secara tidak langsung konsumen akan terus memberi pujian kepada produk yang digunakannya, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk membelinya.

Konsumen tersebut akan terus-menerus merekomendasikan produk tersebut kepada orang terdekat agar ikut menggunakan produk tersebut. Strategi pemasaran yang satu ini adalah strategi pemasaran gratis bagi suatu brand yang dilakukan oleh pelanggan setianya.

Strategi pemasaran word of mouth didorong oleh beberapa faktor, utamanya ketika perusahaan melakukan publisitas ke berbagai media. Dalam riset yang telah dilakukan, tentu terdapat 92% orang yang lebih mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga dibanding perusahaan.

Jenis pemasaran yang satu ini memang terbukti sangat menguntungkan, perusahaan harus melakukan strategi pemasaran dengan memperbaiki kualitas produk jika ingin pemasaran jenis ini. Keuntungan melakukan pemasaran dengan strategi word of mouth adalah menciptakan kepercayaan.

Kepercayaan yang diciptakan tersebut antara produk dan konsumen, karena strategi pemasaran ini terjadi ketika seorang pelanggan merasa sangat puas dalam menggunakan suatu produk. Dengan meningkatkan kepuasan yang diterima oleh para pelanggan, tentu pelanggan akan semakin percaya dengan brand perusahaan.

Pelanggan juga berani merekomendasikan kepada orang lain, hingga banyak orang yang lebih percaya kepada produk yang Anda jual. Percaya atau tidak, strategi pemasaran yang satu ini bisa membangun brand yang anda miliki. Sebuah bisnis yang baru dirintis tentu perlu untuk melakukan pembangunan brand agar lebih mudah dikenal banyak orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *