June 26, 2022

Indy Ten Point

Indy Ten Point

Tanda AC Mula Rusak, Segera Hubungi Daikin Service Center untuk Memperbaikinya

2 min read

Semua barang elektronik bisa mengalami kerusakan termasuk AC. Karena itu, penting bagi pelanggan memiliki kontak Daikin Service Center agar mudah menghubungi saat diperlukan. Tetapi, jika pengguna dapat merawat mesin pendingin udara dengan benar, akan lebih awet.

Ciri-Ciri AC Mulai Mengalami Kerusakan

Setelah menggunakan AC beberapa tahun, pasti konsumen merasa ada perubahan pada mesin pendingin udara ini. Meskipun begitu, orang awam mungkin menganggap hal ini biasa saja. Padahal bisa saja tanda kerusakan awal seperti berikut ini.

  1. AC Sudah Tidak Dingin Lagi

AC low watt membutuhkan waktu yang lama mendinginkan ruangan, namun bukan berarti tidak dingin. Berbeda dengan AC inverter yang cepat menghasilkan suhu dingin. Jadi, pada akhirnya ruangan tetap akan dingin meskipun diperlukan beberapa menit.

Jika sudah dingin lagi artinya mesin pendingin udara sudah mulai rusak. Penyebabnya karena pipa bocor, kompresor rusak ataupun kehabisan freon. Jika hal ini sudah diketahui, maka selanjutnya harus segera memperbaiki melalui layanan Service Daikin.

  1. AC Bising

Sekarang ini banyak sekali AC dengan suara rendah. Artinya tidak menimbulkan kebisingan pastinya tidak mengganggu kenyamanan pengguna. Jika sebelumnya selama penggunaan, AC tidak pernah bersih kemudian tiba-tiba sekarang ini sudah terlalu berisik, artinya ada kerusakan.

Biasanya hal ini disebabkan komponen bagian dalam termasuk kompresor rusak. Karena kompresor yang sudah bekerja keras sebagai alat elektronik, wajar saja menemui masa kerusakan. Namun jangan khawatir, tinggal hubungi layanan Service Daikin untuk mengatasinya.

  1. Sering Berkedip Lampu Indikator

Lampu indikator juga dapat memberikan informasi kondisi kesehatan AC. Jika lampu terlalu sering berkedip artinya ada yang salah pada mesin pendingin udara tersebut. Kemungkinan bagian rusak adalah komponen PCB atau rangkaian listrik bagian dalam AC.

Pengguna dapat mengganti dengan PCB yang baru lagi agar aliran listrik bisa lebih lancar. Namun, pemasangan PCB tentu tak bisa dilakukan sembarangan. Membutuhkan pengalaman dan ilmu agar tidak menambah kerusakan. Solusinya, layanan Service Daikin Indonesia bersedia membantu konsumen mengatasi masalah ini.

  1. AC Mati Sendiri

Saat sedang beraktivitas dalam ruangan, terasa suhu meningkat padahal sebelumnya sejuk. Coba perhatikan mungkin AC mati sendiri. Jika benar disebabkan mesin pendingin maka perlu dicek penyebabnya. Supaya kerusakan tidak lebih parah, segera perbaikinya dengan manfaatkan layanan Daikin Service.

  1. Bau Tidak Sedap

Mesin pendingin udara biasanya tidak mengeluarkan bau ketika dinyalakan. Maka, jika pengguna menemukan bau kurang sedap saat menghidupkan AC, berarti ada kerusakan.  Apalagi jika bau tersebut sangat menyengat disebabkan kabel berada dalam unit terbakar atau jamur di bagian dalam mesin.

Itulah 5 ciri-ciri mesin pendingin udara mulai mengalami kerusakan. Jika hal ini terus berlanjut dibiarkan begitu saja, akan memperparah kerusakan. Selama tingkat rusak masih kecil, mudah sekali diperbaiki dan cepat selesai dengan bantuan teknisi Daikin Service Center.

 

 

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published.